Serat Wulangreh Iku Anggitane

Serat Wulangreh Iku Anggitane
TheTopMatters.com - Serat Wulangreh Iku Anggitane? Sedang mencari info mengenai Serat Wulangreh Iku Anggitane. Kamu berada di web yang tepat, sebab kali ini kita akan membahas pertanyaan tersebut.

Mari kita jawab pertanyaan "Serat Wulangreh Iku Anggitane" dengan benar. Perhatikan pembahasannya berikut ini.

Serat Wulangreh Iku Anggitane

 

Jawaban

Serat Wulangreh iku anggitane R.M Subadya utawa Sri Susuhunan Pakubuwana IV. Arti dari anggitane adalah gubahan atau karangan. Jadi, arti dari soal di atas adalah “Serat Wulangreh itu karangannya ….”.

 

Pembahasan

Serat Wulangreh adalah karya sastra berbahasa Jawa yang ditulis oleh R.M Subadya yang bergelar Sri Susuhunan Pakubuwana IV.

Pakubuwana IV merupakan Raja Surakarta yang menjadi raja dari tahun 1788 hingga 1820. Sert Wulangreh bergenre macapat yang di dalamnya terdapat 6 ajaran luhur.

Serat Wulangreh ana 13 pupuh, yaiku

  1. Dhandhanggula, 8 pada
  2. Kinanthi, 16 pada
  3. Gambuh, 17 pada
  4. Pangkur, 17 pada
  5. Maskumambang, 34 pada
  6. Megatruh, 17 pada
  7. Durma, 12 pada
  8. Wirangrong, 27 pada
  9. Pocung, 23 pada
  10. Mijil, 26 pada
  11. Asmaradana, 28 pada
  12. Sinom, 33 pada
  13. Girisa, 25 pada
Demikian jawaban dari latihan soal Serat Wulangreh Iku Anggitane. Semoga dapat membantu belajar kamu. Belajar adalah proses yang sangat bermanfaat dalam kehidupan siswa.

Akan tetapi, ada kalanya belajar bisa menjadi suatu hal yang melelahkan dan membosankan, terutama jika Kamu tidak tahu cara belajar yang efektif.

Belakangan ini, bimbingan online telah menjadi cara mudah dalam menolong siswa untuk meningkatkan kualitas belajar mereka.

Bimbel online memberikan keleluasaan bagi murit dan guru untuk belajar dan mengajar tanpa terbatas oleh waktu dan jarak. Ini berarti murit dapat belajar dari mana pun dan kapan saja, bahkan dari luar negeri.

Bagi kamu yang merasa membutuhkan les private sbmptn secara daring bisa mencoba aplikasi Brainly.co.id.