Ideologi Yang Tidak Mengakui Adanya Ketuhanan Yang Maha Esa Adalah

TheTopMatters.com – Kali ini kita akan membahas salah satu latihan soal sebagai berikut Ideologi Yang Tidak Mengakui Adanya Ketuhanan Yang Maha Esa Adalah. Mari kita jawab soal tersebut dengan baik dan benar.

Ideologi Yang Tidak Mengakui Adanya Ketuhanan Yang Maha Esa Adalah

 

A. Pancasila
B. Komunisme
C. Sekularisme
D. Liberalisme

 

Jawaban

Jawabannya adalah B. Komunisme.

 

Pembahasan

Komunisme tidak cocok dijadikan ideologi dan berkembang di indonesia karena dalam paham komunisme menolak adanya hak pribadi, kepemilikan modal pribadi yang hal ini jelas jelas bertentangan dengan hak asasi manusia dan merupakan ideologi yang cacat.

Paham komunisme mengajarkan pertentangan antara kelas masyarakat. Sedangkan di indonesia, bangsa yang memiliki nilai-nilai luhur yang sangat menghormati hak asasi manusia meskipun pelaksanaan hak asasi tersebut kebebasannya terbatas dan dibatasi oleh hak – hak orang lain.

Dengan demikian, segi teologi, komunisme telah melawan prinsip ketuhanan. Hal ini karena komunisme tidak mengenal adanya Tuhan. Sedangkan di Indonesia, dalam sila pertama Pancasila, yakni ketuhanan yang Maha Esa.
Segi ideologi, komunisme tentu sangat berlainan dengan paham Pancasila.

Perbedaan itu tertanam jelas dari butir Pancasila. Dari segi sosial, komunisme mengajarkan pertentangan kelas. Misalnya, pertentangan kelas antara buruh dan majikan, kaya dan miskin, tuan dan bawahan. Padahal, prinsip tersebut akan terus mengadu domba antara pihak yang merasa tertindas dan ditindas, sehingga tidak tercipta suasana yang harmonis.

Segi politis, komunisme jelas mengajarkan bagaimana melakukan agitas dan propaganda kepada lawan politik. Sedangkan hal tersebut tidak dibenarkan. Pasalnya, Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai kebenaran dan jujur termasuk dalam berpolitik.

Referensi Jawaban :

Wikipedia.org
Ruangguru.com

Demikian jawaban dari pertanyaan Ideologi Yang Tidak Mengakui Adanya Ketuhanan Yang Maha Esa Adalah. Semoga dapat membantu kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *