Tuliskan Tiga Peninggalan Sejarah Di Kota Tangerang Yang Kamu Ketahui

Tuliskan Tiga Peninggalan Sejarah Di Kota Tangerang Yang Kamu Ketahui

 

Jawaban

  1. Klenteng Boen Tek Bio.
  2. Masjid Jami Kali Pasir.
  3. Museum Benteng Heritage

 

Pembahasan

1. Klenteng Boen Tek Bio.

Klenteng Boen Tek Bio adalah klenteng tertua di Kota Tangerang. Catatan sejarah menunjukkan klenteng ini sudah berdiri sejak 1684. Klenteng ini berlokasi di sudut Jalan Bhakti dan Jalan Cilame di Kawasan Pasar Lama.

2. Masjid Jami Kali Pasir.

Lokasi Masjid Jami Kali Pasir berdekatan dengan Kelenteng Boen Tek. Masjid ini adalah masjid tertua di Kota Tangerang dan merupakan peninggalan Kerajaan Padjajaran.

Masjid tertua di Kota Tangerang ini berlokasi di bantaran Sungai Cisadane, tepatnya di tengah pemukiman warga Tionghoa, Kelurahan Sukasari. Bangunan masjid ini pun bercorak bangunan khas Cina.

3. Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage berada di tengah Pasar Lama dan memiliki dua tingkat. Lantai satu dari bangunan ini dijadikan lokasi restoran, tempat berkumpul, tempat berjualan kenang-kenangan, dan sebagainya. Lantai kedua bangunan ini dijadikan tempat koleksi museum.

Museum ini adalah milik Udaya Halim. Bangunan ini merupakan hasil restorasi dari bangunan tua berarsitektur tradisional Tionghoa yang dibangun sekitar abad ke-17. Museum ini mendapatkan banyak penghargaan, sehingga disebut Pearl of Tangerang.

Penghargaan yang diperoleh diantaranya Juara Pertama dalam ajang FIABCI (Federation International des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers) Indonesia pada tahun 2012 dan Juara Kedua Tingkat Internasional FIABCI Prix d’excellent Award dalam kategori yang sama tahun 2013.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *